Minggu, 13 April 2014

Proposal Penelitian Kualitatif

A.     Judul Proposal
          UPAYA MENINGKATKAN KOMUNIKASI BAHASA ARAB DI MADRASAH TSANAWIYAH INSAN CENDEKIA  SANGATTA UTARA TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013
B.  Latar Belakang
Bahasa merupakan kebutuhan pokok manusia untuk dapat berkomunikasi antar manusia yang satu dengan yang lain, individu dengan individu, individu dengan masyarakat guna mencapai maksud-maksud serta kepentingan-kepentingan baik secara lisan maupun dalam bentuk tulisan. Sehubungan dengan ini pelajaran bahasa Arab sangat erat kaitannya dengan Muhadasah. Melalui muhadasah siswa dapat berkomunikasi secara langsung dengan siswa yang lain dan akan membiasakan bagi diri siswa berbahasa Arab, maka dengan demikian bahasa bukan saja alat untuk berkomunikasi antar satu negara dengan negara yang lain, tetapi lebih luas dari pada itu bahasa merupakan suatu kebutuhan sehingga pengembangannya pun menuntut manusia kepada kemampuan dan penguasaan berbahasa.
Adapun mempelajari bahasa Arab adalah merupakan suatu kebutuhan pokok umat Islam sedunia karena satu-satunya bahasa yang dapat dipergunakan untuk berkomunikasi secara vertikal hamba dengan kholiknya dalam beribadah khususnya ibadah sholat[1]. Bahasa Arab merupakan satu-satunya bahasa agama Islam yang mempunyai  maksud dan tujuan agar dapat  bisa membaca al-Qur’an dengan baik, memahami, mengerti, dan menghayati makna yang terkandung didalam al-Qur’an itu sendiri maupun dalam al-hadist dan kitab-kitab agama serta ilmu pengetahuan yang berbahasa Arab, bahkan Allah SWT memberikan kelebihan bahasa Arab sebagaimana firman-Nya dalam al-Qur’an surat Azzuhruf ayat 3 :
!çcqè=É)÷ès?  Nä3¯=yè©9 $wŠÎ/ttã $ºRºuäöè%m»oYø9tRr&$¯RÎ)
 Artinya :Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa Al Quran dengan berbahasa Arab, agar kamu memahaminya[2].
Adalah suatu kenyataan disadari maupun tidak disadari bahwa umat Islam dalam mempelajari bahasa Arab membutuhkan waktu yang cukup lama, lebih-lebih dalam mengembangkan bahasa Arab untuk komunikasi sehari-hari berbeda dengan bahasa asing lainnya seperti bahasa Inggris, Jepang, Prancis, dimana orang banyak mempelajari bahasa tersebut dalam waktu yang relatif singkat sudah mahir dan bisa dijadikannya sebagai bahasa komunikasi sehari-hari bagi mereka yang sudah menguasainya.
Pada umumnya pengembangan bahasa Arab sering dijumpai di pondok-pondok pesantren yang mana bahasa Arab dijadikan bukan hanya sekedar untuk dapat memahami kitab-kitab klasik Islam secara mendalam, tetapi juga dikembangkan dan di masyarakatkan pemakaiannya untuk berkomunikasi dan berekspresi. Madrasah Tsanawiyah Insan Cendekia Sangatta Utara berusaha untuk mengembangkan bahasa Arab sebagai alat komunikasi sehari-hari di kalangan Madrasah. Usaha tersebut dilakukan dengan mengadakan pelajaran bahasa Arab dan juga Arabic Club yang menunjang tercapainya komunikasi sesuai yang diharapkannya. Dalam pengembangan pelajaran bahasa Arab sebagai alat komunikasi sehari-hari tidak cukup dengan menjawab murid untuk berbahasa Arab setiap harinya, namun harus ditunjang sarana dan prasarana yang cukup memadai.
Bertitik tolak dari uraian di atas, penulis merasa tertarik untuk melakukan penelitian yang berhubungan dengan pelajaran bahasa Arab di dalam suatu lembaga pendidikan yaitu, Upaya Meningkatkan Komunikasi Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Insan Cendekia Sangatta Utara Tahun Pelajaran 2012/2013.
untuk mendownloan silahkan klik disini .........
http://www.4shared.com/file/3I5eQHduce/Proposal_Ali_Anwar.html?




[1]T.Ibrahim , Paket Bahasa Arab, (Semarang : Aneka Ilmu, 2007), hlm.1
[2]Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemeh, (Semarang: CV Asy Syifa’, 1999),   hlm 348

Tidak ada komentar: