Selasa, 14 Juli 2015

SISTEM PENDIDIKAN DI TURKI



SISTEM PENDIDIKAN DI TURKI

REVISI MAKALAH
Dibuat Dalam Rangka Memenuhi tugas Mata Kuliah
Pendidikan Perbandingan
Dosen Pengampu:  Dr. Machfud Junaedi, M.Ag dan Dr. H. Abdul Wahib, M.Ag

 









Disusun Oleh :
Ali Anwar (1400018020)


PROGRAM MAGISTER STUDI ISLAM
PROGRAM PASCASARJANA
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG
2015


BAB I
PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang
Setiap bangsa tentu memiliki sistem pendidikan. Dengan sistem pendidikan itu, suatu bangsa mewariskan segala pengalaman, pengetahuan, keterampilan dan sikap, agama dan ciri-ciri watak khusus yang dimilikinya dengan cara tertentu kepada generasi penerusnya, agar mereka dapat mewariskannya dengan sebaik-baiknya. Melalui siStem pendidikan itu, suatu bangsa dapat memelihara dan mempertahankan nilai-nilai luhur, serta keunggulan-keunggulan mereka dari generasi ke generasi.
Menurut Carter V.Good, Perbandingan Pendidikan adalah studi yang bertugas mengadakan perbandingan teori dan praktik kependidikan yang ada dalam beberapa negara dengan maksud untuk memperluas pandangan dan pengetahuan di luar batas negerinya sendiri.[1]
Pendidikan komparatif membahas perbandingan secara ilmiah, dan mempunyai tujuan untuk melihat persamaan dan perbedaan, kerja sama, pertukaran pelajar antar bangsa dalam menciptakan pedamaian dunia. Pendapat tersebut sebagai usaha menanamkan dan menumbuh-kembangkan rasa saling pengertian dan kerja sama antar bangsa, demi terpeliharanya perdamaian dunia, melalui peroses pendidikan. Pendidikan komparatif juga diperlukan, untuk melihat kemajuan, kualiatas pendidikan di negara maju dibandingkan dengan dengan negara berkembang. Studi perbandingan pendidikan merupakan salah satu cara untuk mengetahui berbagai aspek yang berhubungan dengan system pendidikan Negara tertentu, terutama yang berhubungan dengan kelebihan yang terjadi pada system pendidikan negara tersebut.
Di Negara Turki islam merupakan agama utama Negara tersebut, dimana 99,8% dari penduduk Negara Turki adalah Muslim. Sebagian besar muslim di Turki adalah Sunni yaitu mencapai 72%, syi’ah sebanyak 25% dan syi’ah Imamiyah sebanyak 3% dari populasi muslim di Negara Turki.[2]
Masuknya sistem pendidikan modern dalam kalangan kerajaan Turki Usmani bermula sejak sultan Mahmud II (1785-1839 M ), Turki mengadakan pembaharuan dalam berbagai bidang pendidikan. Di zaman itu, madrasah serupakan satu-satunya lembaga pendidikan yang ada di kerajaan Turki Usmani. Di madrasah itu Mahmud menyadari bahwa madrasah-madrasah tradisional tersebut tidak sesuai lagi dengan tuntunan perkembangan zaman. Oleh karena itu Turki berusaha untuk memperbaiki sistem pendidikan madrasah yang ada, agar anak-anak bisa mendapatkan pelajaran pengetahuan umum. Namun mengadakan perubahan dalam kurikulum madrasah dengan memasukkan pengetahuan-pengetahuan umum pada waktu itu sangat sulit. Karena itu, Turki mendirikan dua sekolah pengetahuan umum yang berdiri sendiri. Terpisah dari sistem madrasah tradisional yang ada. Kedua sekolah tersebut adalah : Sekolah Pengetahuan Umum (Mekteb-Ima’rif) dan Sekolah sastra (Mekteb-I Ulum Edebiye) Sistem pendidikan di Turki dibangun sesuai dengan reformasi Attaturk setelah perang turki.
B.  Rumusan Masalah
Dari latar belakang di atas, pemakalah dapat mengambil sebuah rumusan masalah sebagai berikut:
1.      Bagaimana system pendidikan di Negara Turki?
2.      Bagaimana perbandingan pendidikan di Turki dan di Indonesia?


BAB II
PEMBAHASAN

A.  Sejarah dan Letak Geografis Negara Turki
Turki termasuk dalam wilayah timur tengah yang terletak di Eropa Tenggara dan Asia barat daya (yang sebagian barat Turki Bosporus secara geografis bagian dari Eropa), berbatasan dengan Laut Hitam, antara Bulgaria dan Georgia, dan berbatasan dengan Laut Aegean dan Laut Mediterania, antara Yunani dan Suriah, dengan Koordinat geografis: 39 00 N, 35 00 E, yang terdiri dari suku bangsa Turki 80%, Kurdi 20% (perkiraan) : Agama: Islam 99,8% (kebanyakan Sunni), lainnya 0,2% (kebanyakan Kristen dan Yahudi) Bahasa: Turki (resmi), Kurdi, Arab, Armenia, Yunani  dengan angka melek huruf: usia 15 ke atas dapat membaca dan menulis  total populasi: 86,5%  laki-laki: 94,3%  perempuan: 78,7% (2003)
Turki modern didirikan pada tahun 1923 dari sisa-sisa Anatolia dari Kekaisaran Ottoman dikalahkan dari Turki." Di bawah kepemimpinan otoriter nya, negara yang dianut reformasi sosial, hukum, dan politik luas. Setelah masa pemerintahan satu partai, percobaan dengan multi-partai politik menuju kemenangan pemilu 1950 dari partai oposisi Partai Demokrat dan pengalihan kekuasaan damai. Sejak itu, partai politik Turki dikalikan, tapi demokrasi telah retak oleh masa-masa ketidakstabilan dan kudeta militer intermiten (1960, 1971, 1980), yang dalam setiap kasus akhirnya menghasilkan kembalinya kekuatan politik untuk warga sipil. Pada tahun 1997, militer kembali membantu insinyur pemecatan tersebut - populer disebut "kudeta pasca-modern" - pemerintah kemudian Islam yang berorientasi.
Campur tangan militer Turki di Siprus pada tahun 1974 untuk mencegah pengambilalihan pulau Yunani dan sejak bertindak sebagai pelindung negara dengan "Republik Turki Siprus Utara", yang hanya mengakui Turki. Sebuah pemberontakan separatis dimulai pada tahun 1984 oleh Partai Pekerja Kurdistan (PKK) - sekarang dikenal sebagai Rakyat Kongres Kurdistan atau Kongra-Gel (KGK) - telah mendominasi perhatian militer Turki dan menelan lebih dari 30.000 jiwa, tapi setelah penangkapan pemimpin kelompok di tahun 1999, sebagian besar pemberontak mundur dari Turki, terutama ke Irak utara. Pada tahun 2004, KGK mengumumkan gencatan senjata mengakhiri dan serangan dikaitkan dengan KGK meningkat. Turki bergabung dengan PBB pada tahun 1945 dan pada tahun 1952 itu menjadi anggota NATO. Pada tahun 1964, Turki menjadi anggota asosiasi dari Komunitas Eropa, selama dekade terakhir, telah melakukan berbagai reformasi untuk memperkuat demokrasi dan ekonomi, memungkinkan untuk memulai pembicaraan keanggotaan aksesi dengan Uni Eropa.
Turki termasuk dalam wilayah timur tengah yang terletak di Eropa Tenggara dan Asia barat daya (yang sebagian barat Turki Bosporus secara geografis bagian dari Eropa), berbatasan dengan Laut Hitam, antara Bulgaria dan Georgia, dan berbatasan dengan Laut Aegean dan Laut Mediterania, antara Yunani dan Suriah.

B.  Profil Pendidikan di Turki
Pada awalnya Turki merupakan salah satu negara yang berbentuk kerajaan. Saat ini pemerintahan turki berbentuk republik yang beribu kota di Istanbul. Republik Turki termasuk sebagai negara dan memproklamirkan diri sebagai negara sekuler, namun tidak bisa dipungkiri bahwa jiwa Islamnya tetap melekat dan tak terpisahkan dari bangsa Turki. Begitu pun berdampak terhadap kemajuan pendidikan di negara tersebut.
Pada tahun 1845 di Turki di bentuk Komisi Pendidikan yang bertugas mempelajari dan mempersiapkan terwujudnya suatu sistem pendidikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Komisi pendidikan itu memberikan rekomendasi dan beberapa usulan sebagai berikut :
1)   Agar diciptakan suatu sistem pendidikan atau persekolahan yang mancakup pendidikan dasar, pendidikan menengah dan pendidikan tinggi.
2)   Agar dibentuk suatu departemen khusus yang mengurusi pendidikan dan pengajaran umum yang disebut sebagai Departemen Pengajaran Umum.
3)   Agar didirikan Universitas Kerajaan Utsmani.
Usul tersebut baru mulai direalisasikan pada tahun 1847. Universitas Kerajaan Utsmani didirikan oleh Departemen Pengajaran Umum dan dijadikan bagian  dari Kementrian Pendidikan. Wajib belajar dengan gratis, selama pendidikan dasar telah disetujui dengan mulai dibangun dan dipersiapkan sarana pendidikan yang diperlukan.[3]
Republik Turki menyediakan pendidikan agama yang ditangani oleh tiga tingkat lembaga yang berbeda. Ketiga tingkat lembaga itu adalah :
(1)      Di Universitas dan di bawah penanganan Menteri Pendidikan Nasional.
(2)      Oleh Direktorat Urusan Agama.
(3)      Sektor swasta.
Beberapa perguruan tinggi yang berada di bawah kendali Kementrian Pendidikan Nasional adalah Universitas Ankara (University of Ankara) dan Universitas Erzurum Attaturk (Erzurum Attaturk University), yang keduanya memiliki Fakultas Teologi.
Direktorat Urusan Agama menjalankan programnya dengan dua cara. Pertama, melalui pelatihan pekerjaan (job training) dan kedua, pendidikan bagi masyarakat. Untuk yang pertama, pelatihan pekerjaan ditangani oleh Departemen Pendidikan Keagamaan  dan Pelayanan Keagamaan bagi masyarakat. Sementara yang kedua, pendidikan bagi masyarakat dilaksanakan dalam dua bentuk, yaitu :
1)   Pendidikan khusus Al-Qur’an; materi intinya adalah pelajaran Al-Qur’an.
2)   Pendidikan umum keagamaan; diarahkan pada pembinaan penceramah agama, imam dan khatib yang biasanya dibutuhkan pada sholat jum’at, pernikahan atau peristiwa keagamaan lainnya.
Lembaga pendidikan swasta bebas didirikan  di Negara Turki, dimana didalamnya banyak masyarakat muslim yang melaksanakan pendidikan khusus di bidang keislaman. Umumnya pendidikan swasta ini mencakup pelajaran Al-Qur’an bagi anak-anak, computer dan terjemahan Al-Qur’an dan hadis Nabi Muhammad SAW. lembaga pendidikan agama swasta ini menciptakan kesempatan bagi mereka yang tidak dapat mengikuti program pelatihan resmi.[4]
Masyarakat Turki tergolong taat beragama. Hal itu dapat dilihat dari kehadiran mereka di masjid pada hari jum’at atau hari raya. Bulan suci Ramadhan merupakan contoh baik bagi ukuran seberapa besar keyakinan agama mereka. Beragam upacara keagamaan dibuat, sekelompok masyarakat mempersiapkan kamar khusus di apartemen untuk ibadah shalat selama Ramadhan, kadang kala mereka mengundang imam tertentu untuk tujuan ini.
Di samping itu, selama upacara perkawinan, Al-Qur’an amat berarti sebagai hadiah bagi mempelai perempuan, termasuk karpet untuk shalat. Banyak masjid didirikan di Turki. Tidak ada satu desa pun di Anatolia yang tidak memiliki masjid. Jumlah masjid pun terus bertambah seiring dengan luas wilayah desa dan jumlah penduduknya.
Pendidikan di turki diatur oleh system nasional yang didirikan sesuai dengan reformasi Attaturk setelah perang kemerdekaan turki. Ini adalah system Negara yang diawasi dirancang untuk menghasilkan kelas professional terampil untuk lembaga sosial dan ekonomi bangsa. Setelah dasar dari Republik Turki organisasi Departemen Pendidikan secara bertahap dikembangkan dan direorganisasi dengan UU No. 2287 yang dikeluarkan pada tahun 1933. Kementerian berunah nama menjadi Departemen Pendidikan Nasional Pemuda dan Olahraga sejak saat itu disebut Departemen Pendidikan Nasional.[5]
Sebelum dasar republik di Turki, lembaga pendidikan jauh dari memiliki karakter nasional. Sekolah yang diselenggarakan dalam tiga saluran yang terpisah, yang independen satu sama lain. Sekolah-sekolah pertama dan yang paling umum dalam organisasi seperti itu sekolah kabupaten dan Madrasah memiliki Quran dan bahasa Arab sebagai kurikulum utama. Tipe kedua terdiri dari sekolah reformasi dan sekolah tinggi mendukung revolusi, yang meliputi serangkaian politik, hukum, reformasi budaya, sosial dan ekonomi yang diterapkan untuk mengubah Republik muda Turki menjadi negara bangsa modern, demokratis dan sekuler. Jenis ketiga sekolah termasuk perguruan tinggi dan sekolah minoritas dengan pendidikan bahasa asing.
Pada tahun 1924 terdapat 479 madrasah ditutup. Kursus agama dihapus dari kurikulum di sekolah-sekolah tinggi, pada tahun 1927 di sekolah menengah dan sekolah dasar. Dan pada tahun 1933 Dar-ul-Funun di Istanbul ditutup dan diubah menjadi Universitas Istanbul.[6]
Pada tahun 1949 instruksi Agama di sekolah-sekolah umum di pulihkan atas perintah tertulis dari orang tua siswa, setelah perdebatan panjang kemudian pendidikan agama di sekolah umum diperkenalkan lagi di sekolah dasar, kemudian pada tahun 1956 di sekolah menengah. Pada tanggal 13 Oktober 1951 pemerintah memutuskan untuk membuka sekolah-sekolah agama baru. Sekolah pertama kali dikenal sebagai Imam Hatib School  mulai dilaksanakan di Ankara, Adana, Istanbul, Isparta, Konya dan Kayseri sampai sekarang.[7]

C.  Sistem Pendidikan di Turki
Pendidikan di Turki telah menjadi salah satu yang paling penting, jika bukan yang paling penting, faktor tunggal dalam menentukan penempatan sosial seseorang. Ini telah digambarkan sebagai ciri khas dari elit, dan telah ditemukan untuk menjadi kriteria penting yang mendasari perbedaan sosial antara orang-orang Turki. Pendidikan, Daniel Lerner diamati, membedakan te turks ke modern, tradisional, dan transisi, sehingga melakukan fungsi penting dalam proses modernisasi. Pendidikan telah, dan masih dianggap, kondisi yang penting bagi mobilitas sosial dan penempatan kerja.[8]
Sistem perjenjangan sekolah yang dianut Turki saat ini mengikuti pola 5-3-3-6 tahun. Jenjang pertama 5 tahun untuk sekolah dasar. Pendidikan dasar ini dimulai sejak usia 7 hingga 11 tahun atau lebih. Tahap ini merupakan tahap wajib belajar.
Jenjang selanjutnya yaitu 6 tahun untuk sekolah menengah yang dibagi atas dua tahap yaitu : 3 tahun pada sekolah menengah pertama (Ortaukul), yang menerima anak usia 12 -14 tahun, dan 3 tahun pada tahap tinggi (Lycee), untuk usia 15-17 tahun. Ortaukul merupakan sekolah umum sebagai persiapan ke perguruan tinggi. Kebanyakan orang tua menghendaki anaknya masuk ke sekolah umum ini, lalu setamatnya mengambil spesialisasi pendidikan kejuruan. Lycee juga bersifat umum dan kejuruan, di samping teknik. Sebagian dari Lycee ini menerapkan sistem co-education, sebagian khusus untuk laki-laki sebagian lagi khusus untuk perempuan.[9]
Pada 2012, pemerintah mengenalkan sistem pendidikan wajib, yang dikenal dengan 4+4+4. 4 tahun untuk pendidikan dasar, 4 tahun pendidikan menengah dan setelah itu, 4 tahun berikutnya, siswa diberi kesempatan pilihan untuk memilih jurusan pendidikan umum atau agama.[10]
Sistem Pendidikan di Turki secara umum dapat dikatakan hampir sama dengan sistem pendidikan di Indonesia. Adapun sitem pendidikan nasional Turki yang utama terdiri dari dua bagian:
1.    Pendidikan Formal (Formal Education)
Penddikan formal adalah sistem sekolah yang terdiri dari lembaga-lembaga pendidikan prasekolah, pendidikan dasar, pendidikan menengah dan pendidikan tinggi, sama halnya dengan pendidikan yang ada di Indonesia.
2.         Pendidikan Non-formal (Non-formal Education)
Sesuai dengan accordance with Basic LawNo. 1739 for National Education. Undang-Undang Dasar Pendidikan Nasional Turki. Pendidikan non formal mencakup semua kegiatan yang diselenggarakan di dalam atau di luar sekolah. [11]
a.    Pendidikan pra-sekolah
Pendidikan pra sekolah adalah pendidikan yang opsional, bertujuan untuk memberikan kontribusi mental, dan emosional pada perkembangan fisik siswa untuk membantu mereka memperoleh kebiasaan baik (ahklak), yang ditekankan pada saat mereka masih di pendidikan dasar. Pendidikan pra-sekolah diberikan di TK, rumah penitipan anak, pembibitan kelas di sekolah dasar dan kelas persiapan oleh berbagai departemen, instansi terkait, dan Departemen Pendidikan Nasional Turki.
Pendidikan anak usia dini meliputi pendidikan opsional anak antara 36-72 bulan yang berada di bawah usia pendidikan dasar wajib. Pada tahun akademik 2001-2002, terdapat 256.400 anak didik dan 14.500 guru di 10.500 lembaga pendidikan pra-Primer.[12]
b.    Pendidikan Dasar
Pendidikan dasar, memberikan pengetahuan dasar pada anak-anak dan memastikan fisik, perkembangan mental dan moral sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. Pada umumnya terdiri dari pendidikan anak-anak dalam kelompok usia 6-14 tahun. Pendidikan Dasar  berlangsung 8 tahun. Pendidikan dasar mencakup pendidikan yang diwajibkan dan digratiskan di sekolah umum. Empat tahun pertama dari Sekolah Dasar disebut sebagai "Sekolah Dasar Pertama dan empat tahun kemudian disebut sebagai sekolah dasar ke-2.
Pada sekolah dasar pertama terdapat empat mata pelajaran inti yang diajarkan di kelas 1, kelas 2, dan kelas 3 yaitu; Bahasa Turki, Matematika, Pengetahuan Dasar dan Bahasa Asing. Pada kelas IV, " Pengetahuan Dasar" diganti dengan Ilmu Sosial Ilmu. Bahasa asing yang diajarkan di sekolah itu berbeda-beda yang paling umum adalah bahasa Inggris, sementara beberapa sekolah mengajarkan bahasa Jerman, Perancis atau Spanyol bukan bahasa Inggris. Beberapa sekolah swasta mengajarkan dua bahasa asing pada waktu yang sama.[13]
Sedangkan pada sekolah dasar tingkat 2 ada lima mata pelajaran inti yaitu; Bahasa Turki, matematika, IPA, IPS, dan bahasa asing. Pada kelas delapan, IPS diganti dengan sejarah dan kewarganegaraan.
c.    Pendidikan Sekunder
Pendidikan sekunder diklasifikasikan dalam dua kategori lembaga pendidikan, yaitu sekolah menengah umum dan kejuruan dan sekolah tinggi teknik (lycées) di mana minimal tiga tahun bersekolah dilaksanakan setelah pendidikan dasar.
1)      Pendidikan Menengah
Sekolah Menengah umum adalah lembaga pendidikan yang mempersiapkan siswa untuk institusi pendidikan tinggi. Mereka menerapkan program tiga tahun lebih dan di atas pendidikan dasar, yang terdiri dari siswa dalam kelompok umur 15-17 tahun.
2)      Pendidikan Kejuruan
Pendidikan Kejuruan memberikan instruksi khusus dengan tujuan memberikan pelatihan kemahiran yang berkualitas. Organisasi dan periode instruksi dari sekolah berbeda. Beberapa dari mereka memiliki program empat tahun dalam hal ini usia sekolah adalah 15-18 tahun. Tujuan pendidikan menengah adalah untuk memberikan pengenalan pada siswa dengan budaya umum pada tingkat minimum dan mempersiapkan mereka dalam mengemban tanggung jawab bagi masyarakat demokratis, membuat mereka menghormati hak asasi manusia serta mempersiapkan mereka pada pendidikan yang lebih tinggi atau bisnis ke arah kepentingan kehidupan yang sejahtera.[14]
Sekolah-sekolah menengah swasta, memiliki kelas persiapan bahasa asing, sesuai dengan sasaran program pendidikan, dan dalam pendidikan bahasa asing yang dipadukan dalam kelompok ilmu pengetahuan dan matematika.
d.      Pendidikan Tinggi (Higher education)
Di Turki, pendidikan tinggi meliputi semua institusi pendidikan setelah pendidikan menengah, yang menyediakan setidaknya dua tahun pendidikan tinggi dan mendidik siswa untuk melanjutkan ke jenjang, sarjana, master atau gelar tingkat doktor. Lembaga pendidikan tinggi terdiri dari universitas, fakultas, institut, sekolah pendidikan tinggi, konservatori, sekolah kejuruan pendidikan tinggi dan pusat penelitian aplikasi. Di Turki, eskalasi pendidikan yang lebih tinggi adalah untuk mencapai tingkat kemampuan dalam menghadapi era globalisasi dunia, baik dari segi kualitas dan kuantitas, telah diadopsi sebagai tujuan utama. Rencana dan program yang dibuat selalu mencerminkan persepsi dari rencana itu sendiri.
Tujuan pendidikan tinggi adalah untuk melatih tenaga kerja dalam suatu system, prinsip-prinsip pendidikan dan pelatihan kontemporer untuk memenuhi kebutuhan Negara. Namun demikian dipendidikan tingggi juga disediakan beberapa pendidikan khusus di berbagai bidang bagi siswa yang telah menyelesaikan pendidikan menengah.
Universitas yang terdiri dari beberapa unit yang dibentuk oleh negara dan oleh hukum sebagai perusahaan publik memiliki otonomi dalam pengajaran dan penelitian. Selain itu, lembaga-lembaga pendidikan tinggi, di bawah pengawasan dan kontrol negara, juga dapat dibentuk oleh yayasan swasta sesuai dengan prosedur dan prinsip-prinsip yang ditetapkan dalam undang-undang dengan ketentuan bahwa mereka adalah non-profit di dunia. Universitas adalah lembaga pendidikan tinggi pokok. Ia memiliki otonomi akademik dan kepribadian hukum publik. Hal ini bertanggung jawab untuk melaksanakan kegiatan pendidikan tingkat tinggi, penelitian ilmiah dan publikasi. Setiap universitas terdiri dari fakultas dan sekolah empat tahun, menawarkan program yang tingkat sarjana, yang kedua dengan penekanan kejuruan, dan tahun-dua sekolah kejuruan yang menawarkan rekan) tingkat's (program pra-sarjana dari alam kejuruan ketat. Tingkat pascasarjana program terdiri dari master dan doktor program, dikoordinasi oleh lembaga untuk studi pascasarjana.
program magister ditetapkan sebagai program "dengan tesis" atau "tanpa tesis". program "Dengan tesis" gelar master yang menyelesaikan pendidikan tertentu diikuti dengan pengajuan tesis. Sementara itu program "tanpa tesis" juga bagian penyelesaian dari program sarjana namun disini disebut istilah proyek. Durasi program ini adalah dua tahun setidaknya. Akses ke program doktor membutuhkan gelar master.
Program Doktor memiliki jangka waktu minimal empat tahun yang terdiri penyelesaian kursus, lulus ujian kualifikasi doktor, serta menyiapkan dan mempertahankan tesis doktor. Medis program pelatihan khusus untuk program setara tingkat doktor,  namun dilakukan dalam fakultas kedokteran dan pelatihan di rumah sakit yang dimiliki Departemen Kesehatan dan Organisasi Negara Asuransi Sosial.
D.  Tujuan Pendidikan di Turki
Tujuan sistem pendidikan di Turki adalah untuk mendidik produktif, individu yang senang dengan pandangan luas pada urusan dunia yang akan bersatu dalam kesadaran nasional dan berfikir untuk membentuk sebuah negara yang tidak dapat dipisahkan, dan akan memberikan kontribusi untuk kesejahteraan masyarakat melalui keterampilan mereka. Ini adalah pemikiran yang akan memainkan peranan dalam pembentukan Turki sebagai bangsa yang kreatif dan membedakan anggotanya dari dunia modern. Pendidikan di turki yang diatur oleh Sistem Nasional yang didirikan sesuai dengan reformasi attaturk bertujuan untuk menghasilkan kelas proffessional terampil untuk sosial dan ekonomi lembaga bangsa.[15]
Pendidikan nasional Turki memiliki beberapa tujuan akhir, hal ini telah ditetapkan dalam hukum dasar Pendidikan Nasional Nomor 1739 yaitu:
1.    Untuk meningkatkan individu yang berkomitmen dan memiliki prinsip, konsep Nasionalisme seperti yang ditetapkan dalam konstitusi, yang mengadopsi, melindungi dan meningkatkan nilai-nilai nasional, moral, manusia, spiritual dan budaya bangsa Turki, yang menyadari tugas dan tanggung jawab mereka terhadap Republik Turki, yang demokratis, sekuler, dan negara sosial diatur oleh hukum berdasarkan hak asasi manusia dan prinsip-prinsip dasar yang ditetapkan pada awal konstitusi.
2.    Untuk memunculkan individu yang secara fisik, mental, moral, spiritual dan emosional memiliki kepribadian yang moderat, sehat dan mentalitas, daya berfikir independen dan ilmiah, pandangan seluruh dunia, yang menghormati hak asasi manusia, menghargai enterprice dan individualitas, yang jatuh tanggung jawab terhadap masyarakat.
3.    Untuk mempersiapkan individu untuk hidup dengan memastikan bahwa mereka memiliki profesi yang akan membuat mereka bahagia dan memberikan kontribusi pada kesejahteraan masyarakat melalui melengkapi mereka dengan pengetahuan yang diperlukan, keterampilan, sikap dan kebiasaan bekerja secara kooperatif sejalan dengan kepentingan mereka sendiri, bakat dan kemampuan.[16]

E.  Managemen Pendidikan di Turki
1.    Otorita
Badan yang bertanggung jawab terhadap pendidikan adalah Milli Egitim Bakanligi (Ministry of National Education) Milli Egitim Bakanligi (Departemen Pendidikan Nasional) yang dikepalai seorang menteri. Untuk periode kali ini dikepalai oleh Hüseyin Çelik.
2.    Pendanaan
Pada tahun 2002, total pengeluaran untuk pendidikan di Turki sebesar $ 13,4 miliar, termasuk anggaran negara yang dialokasikan melalui Departemen Pendidikan Nasional dan swasta dan dana internasional.[17]
Universitas publik biasanya tidak memungut biaya mahal dengan biaya $ 15.000 per tahun, dan oleh karena itu, mayoritas siswa mengikuti pendidikan di lembaga-lembaga publik. Sejak 1998, perguruan tinggi telah diberikan otonomi yang lebih besar dan didorong untuk meningkatkan dana melalui kemitraan dengan industri.


3.    Kurikulum
Pelajaran yang diajarkan di sekolah menengah 9 dan kelas 10 adalah: Bahasa Turki, Turki sastra, Matematika, Fisika, Chemistry, Biologi, Geometry, Sejarah Turki, Geografi, Bahasa Inggris, Bahasa Asing (Jerman, Perancis, Italia, Jepang, Arab, Rusia), Keamanan nasional, Studi kesehatan, Electives Profesi Pelajaran (hanya di Sekolah Tinggi Kejuruan), Kursus Agama (hanya dalam Anatolian Imam Hatip-SMA dan Imam-Hatip SMA)
Pada akhir sekolah tinggi, selama 12 tahun, siswa mengambil Finishing School Examination dan mereka diminta untuk melewati ini untuk mengambil OSS dan melanjutkan studi di sebuah universitas.

F.   Perbandingan Pendidikan di Turki dan di Indonesia
Pada tanggal 6 sd 16 Oktober 2008 sebanyak 50 kepala sekolah RSBI diberangkatkan ke Turki oleh Direktorat Jendral peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan departemen pendidikan nasional untuk melakukan studi banding dengan sekolah-sekolah yang ada di negara Turki yang bertaraf internasional. Selain itu kegiatan ini juga dimaksudkan untuk pelatihan kepemimpinan kepala-kepala sekolah agar memiliki pengetahuan dan wawasan global.[18]
Pada prinsipnya pendidikan yang ada di negara Turki hampir sama dengan yang ada di Indonesia, tingkat dasar (Primary School) ditempuh dalam waktu 8 tahun dan tingkat lanjutan (High School) ditempuh dalam waktu 4 tahun jadi jumlah semuanya 12 tahun, hal ini sama dengan pendidikan di Indonesia yaitu 12 tahun yang terdiri dari SD 6 tahun, SMP 3 tahun, dan SMA 3 tahun.
Sistem pendidikan di Turki dimulai dari anak usia 3 sampai 6 tahun dikategorikan Pre School. Periode ini tidak wajib bagi orangtua untuk mengirim anaknya ke sekolah. Tingkat partisipasi masyarakat mengirim anak mereka hanya 33% dari usia anak pre school. Pendidikan wajib belajar dimulai dari anak berusia 6 sampai dengan 14 tahun ( 8 tahun wajib belajar). Sistem pendidikan di Turki menggabungkan antara sekolah dasar dan SMP, di Indonesia menjadi satu nama yaitu pendidikan dasar. Setamat dari pendidikan dasar anak bisa melanjutkan ke sekolah umum (SMA) atau kejuruan (SMK) selama 4 tahun.
Menurut Fajrun Najah (2006) Pendidikan di Turki dapat lebih maju dibandingkan di negeri kita.  Peran masyarakat dan perusahaan (stakeholder) sangat tinggi, sehingga pendidikan di Turki lebih maju dibandingkan di Indonesia. Padahal  prestasi anak-anak kita lebih gemilang prestasinya.   Anak-anak kita banyak yang sukses dalam berbagai ajang olympiade sains. Bahkan putra Indonesia semacam Prof Dr BJ Habibie diakui kemampuannya di dunia internasional. Bahkan semestinya bangsa kita patut berbangga karena memiliki saintis belia yang mengukir prestasi tingkat dunia. Berbagai penelitian dari lembaga-lembaga internasional memang menempatkan Indonesia pada urutan-urutan terakhir dalam strata kualitas pendidikan. Mereka menilai, kita kurang bermutu, tapi sebenarya bukan disitu letak soalnya.[19]   
Konsep pendidikan sekolah berasrama di negara Turki sama dengan konsep pendidikan di sekolah Indonesia, lokasi yang terisolir dari keramaian kota menghindari dampak-dampak negatif lingkungan sekitar pemenuhan fasilitas sarana dan prasarana pendidikan didalam kampus dan melarang seluruh siswa-siswanya untuk menggunakan televisi, handphone dan lain sebagainya yang dianggap menggangu proses belajar mengajar.
Rekruitmen murid dilakukan secara selektif dengan mengutamakan potensi akademik dan kesediaan orangtua untuk membantu semua program-program sekolah, tenaga-tenaga pendidik yang ada juga melalui proses seleksi yang ketat tidak sembarang orang bisa menjadi guru disekolah ini, sehingga guru yang mengajar betul-betul ahli dalam bidangnya dan memiliki kompetensi yang digariskan oleh lembaga pendidikan tersebut.
Proses pembelajaran yang dilakukan penuh dengan kedisplinan yang tinggi, semua guru yang mengajar harus mengacu kepada silabus yang telah ditentukan dan membuat persiapan mengajar sebelum PBM dimulai. Selain itu semua guru juga dihimbau untuk berprestasi dalam bidang yang diampu, baik prestasi akademik maupun non akademik.
Di Turki juga terlihat hubungan kerjasama yang baik antara sekolah dengan masyarakat. Turki merupakan contoh sangat baik tentang kedekatan hubungan antara sekolah dengan orang tua siswa dan masyarakat sekitar sekolah. Bahkan sekolah menyediakan kamera monitor yang bisa diakses langsung oleh orang tua siswa dari rumahnya. Orang tua bisa mengetahui kegiatan anaknya di sekolah,aktifitasnya didalam kelas dan lain-lain. Jadi orang tua ikut mengawasi jalannya kegiatan pembelajaran. Dengan demikian guru juga tidak bisa berbuat macam-macam. Dan guru-guru disana memperlakukan siswa-siswanya dengan sangat baik.
Nirwan (2009) mengatakan, kepedulian masyarakat terhadap mutu pendidikan dan memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap kemajuan pendidikan di Turki. Sebagai contoh adalah Sekolah menengah “ Ahmet Ulusoy”. Lokasi Sekolah menengah Ahmet Ulusoy ini merupakan sumbangan dari seorang konglemerat di daerah Cankaya yang bernama Ahmet Ulusoy Sekolah ini merupakan satu dari 7 sekolah di bawah naungan Atlantik School di daerah Cankaya ( bagian dari kota Ankara). Murid di sekolah ini tinggal di asrama putera dan puteri. Bagi siswa-siswi yang tinggal bersama orangtua disediakan bis sekolah untuk antar jemput.[20]
Sekolah dilaksanakn Senin s.d Jumat dari jam 09.00 s.d 16.30. Ilhan Yerli, general manajer yang mengelolah 7 sekolah Atlantik di daerah Cankaya, mengatakan bahwa tidak hanya orang kaya saja yang peduli akan pendidikan anak-anak di Turki akan tetapi semua masyarakat juga sangat peduli akan hal yang satu ini. Semua orang baik kaya maupun orang yang hidup pas-pasan sudah terbiasa menyumbangkan uang mereka untuk memajukan pendidikan. Yang lebih berkesan lagi bahwa setiap penyumbang, besar atau kecil, tidak pernah ikut campur tentang penggunaan uang yang mereka sumbangkan.
Jadi di Turki baik orang kaya maupun yang hidup pas-pasan semua sudah terbiasa menyumbangkan uang mereka untuk kemajuan pendidikan anak-anak mereka sehingga pendidikan di Turki dapat lebih maju dan merata bagi semua anak, sedangkan di Indonesia hanya sebagian kecil saja dari orang kaya dan pengusaha yang membangun sekolah bertaraf Internasional, itupun hanya mereka yang mempunyai biaya saja yang mendapatkan kesempatan untuk belajar di sana karena untuk masuk ke sekolah swasta bertaraf Internasional perlu biaya yang sangat besar.
G.    Refleksi
Bedasarkan berbagai kajian tentang sistem pendidikan di negara maju, terdapat beberapa hal yang dapat dijadikan sebagai bahan comparative education bagi pengembangan sistem pendidikan di Indonesia:
1.        Perlunya menumbuhkembangkan ideologi pancasila dan nilai-nilai kebudayaan lokal dalam pengembangan sistem pendidikan di Indonesia, hal ini bertujuan agar sistem pendidikan di Indonesia memiliki pijakan kuat dalam penyelenggaraan kegiatan pendidikan di tataran yang lebih rendah. Seperti halnya dengan beberapa negara asia timur seperti china, korea selatan dan jepang, kentalnya ideologi konfusianisme memberikan efek positif terhadap daya juang siswa dalam kompetisi yang semakin ketat. Budaya kerja keras dan penegakan disiplin yang ketat merupakan kunci keberhasilan pembangunan di berbagai negara asia timur tersebut. Sementara nilai-nilai kebebasan dan kesetaraan dapat kita contoh dari sistem pendidikan di negara-negara barat.
2.        Perlunya upaya penyadaran masyarakat tentang nilai penting pendidikan, pendidikan harus dijadikan wadah bagi pengembangan pembangunan seperti halnya negara-negara asia timur.
3.        Peningkatan mutu tenaga pendidik yang berkualitas selama pre-service education (melalui LPTK) maupun in-service education (melalui training dan magang). Guru di Indonesia haruslah ditempatkan pada posisi tertinggi dalam sistem pendidikan. Hal ini dapat kita tiru dari negara Finlandia yang menetapkan kualitas dan standar yang tinggi untuk menjadi seorang guru dengan pendidikan minimal magister (S2).
4.        Jumlah jam pelajaran perlu diminimalisir seperti yang dilakukan Finlandia, Jepang dan beberapa negara eropa lainnya. Jumlah jam belajar yang terlalu banyak seringkali dapat membebani siswa.
5.        Sistem belajar lebih diarahkan kepada praktek daripada teori seperti yang diberlakukan di Inggris dan Finlandia.
6.        Penyediaan sarana dan prasarana pembelajaran yang baik, terlebih lagi dengan penyediaan perangkat teknologi tinggi.


BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Pendidikan di Turki juga tidak jauh berbeda dengan Negara-negara yang lainnya, hanya saja pertama kalinya mendirikan madrasah-madrasah karena pendidikan umum disana pada mulanya sangatlah sulit karena itulah di Turki mendirikan lembaga-lembaga pendidikan yang orientasinya pada pendidikan umum. Madrasah-madrasah yang sangat menonjol pada pra-reformasi, namun kemudian pasca-reformasi pendidikan di Turki berubah hingga sistem dan abjad pun menjadi berubah pula.
Sedangkan jenjang atau tahapan pendidikan disana juga tidak jauh berbeda. Di tingkat dasar hanya ditempuh 8 tahun, sekolah menengah ata atau kita kenal SMA selama 3 tahun (Artaokul) yang siswa-siswinya lebih dikenalkan kepada lapangan kerja serta berbagai macam teknik, desamping itu juga ada sekolah umun (Lice Sekolah) setelah ia menyelesaikan di sekolah menengah atas yaitu melanjutkan ke Lice sekolah. Di saat siswa-siswi di sekolah menengah atas, ia diwajibkan memilih satu bahasa asing yang terdiri dari 3 / tiga bahasa yaitu bahasa inggris, jerman dan prancis. Baru setelah itu mereka melanjutkan ke perguruan tinggi di berbagai perguruan tinggi yang mereka senangi. Dan manajemen pendidikannya dengan cara Otorita, Pendanaan dan Kurikulum.
Kemajuan yang sudah dicapai Turki selama 9 tahun terakhir antara lain: pengembangan kurikulum, kemampuan fisik siswa, perbaikan dan pembangunan gedung sekolah baru, peningkatan mutu guru, bimbingan dan konseling serta penggunaan ICT di sekolah. Di Turki baik orang kaya maupun yang hidup pas-pasan semua sudah terbiasa menyumbangkan uang mereka untuk kemajuan pendidikan anak-anak mereka  sehingga pendidikan di Turki dapat lebih maju dan merata bagi semua anak, sedangkan di Indonesia hanya sebagian kecil saja dari orang kaya dan pengusaha yang membangun sekolah bertaraf Internasional, itupun hanya mereka yang mempunyai biaya saja yang mendapatkan kesempatan untuk belajar di sana karena untuk masuk ke sekolah swasta bertaraf Internasional perlu biaya yang sangat besar


DAFTAR PUSTAKA
Al-Bahy, Muhammad. Pemikiran Islam Modern. (Jakarta : Pustaka Panjimas. 1986)
Asmuni, Yusran. PengantarStudi Pemikiran dan Gerakan Pembaharuan dalam Dunia Islam. (Jakarta:PT.Raja Grafindo Persada.1998)
Giuli Alasania, Nani Gelovani. Islam and Religious Education in Turky, In IBSU Scientific Journal, 5 (2) 2011
Hamka. Sejarah Umat Islam. (Singapura : Pustaka Nasional. 2005)
Junaidi, Mahfud. Imam Hatip School an Islamic Education In Contemporary Secular Turkey, Semarang: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat IAIN Walisongo: 2014
Najah, Fajrun. Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta Copyright © 2006 TENDIK diakses tanggal 21 April 2010
Nasution, Harun. Pembaharuan dalam Islam Sejarah Pemikiran dan Gerakan. (Jakarta : PT. Bulan Bintang. 2003)
Putra Daulay, Haidar, Dinamika Pendidikan Islam di Asia Tenggara (Jakarta: Rineka Cipta, 2009)
Reviews of National Policies for Education Basic Education in Turkey, BACKGROUND REPORT REPUBLIC OF TURKEY MINISTRY OF NATIONAL EDUCATION June 2005. Pdf
Salim, Agus. Perbandingan Pendidikan Islam, (Jepara: INISNU, 2012)
See an article in English of March 2012 Modern Turkey’s new liberal education system  in http://en.wikipedia.org/wiki/Education_in_turkey; diakses tanggal 3 Maret 2015
Background written by the Ministry of National Education at The Beginning Of 2002 Overview of the Historical Development of the Ministry of National Education; in http://en.wikipedia.org/wiki/education_in_Turkey; diakses tanggal 3 Maret 2015
http://rizkialhairiah.blogspot.com diakses tanggal 6 Maret 2015


[2] Mahfud Junaidi, Imam Hatip School an Islamic Education In Contemporary Secular Turkey, Semarang: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat IAIN Walisongo. Hal.1
[3] Agus Salim, Perbandingan Pendidikan Islam, (Jepara: INISNU, 2012), Hlm. 102.
[4] Ibid, hal.107
[6] Giuli Alasania, Nani Gelovani. Islam and Religious Education in Turky, In IBSU Scientific Journal, 5 (2) 2011. Hlm.39
[7] Ibid, hlm. 40
[8] Mahfud Junaidi, Imam Hatip School an Islamic Education In Contemporary Secular Turkey, Semarang: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat IAIN Walisongo. Hlm. 59
[9] Agus Salim, Perbandingan Pendidikan Islam, (Jepara: INISNU, 2012), Hlm. 112
[10] See an article in English of March 2012 Modern Turkey’s new liberal education system  in http://en.wikipedia.org/wiki/Education_in_turkey; diakses tanggal 3 Maret 2015
[12] Taken from the Education Statistics  by the Ministry of Education for 2002; dikases tanggal 4 Maret 2015
[13] Ibid
[14] Decision of the Turkish Ministry of National Education (in Turkish). 2002 nreport of the Ministry for Education on Higher Education; diakses tanggal 4 Maret 2015
[15] Mahfud Junaidi, Imam Hatip School an Islamic Education In Contemporary Secular Turkey, Semarang: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat IAIN Walisongo. Hlm. 59
[16] Mahfud Junaidi, Imam Hatip School an Islamic Education In Contemporary Secular Turkey, Semarang: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat IAIN Walisongo. Hlm. 59
[17] Background written by the Ministry of National Education at The Beginning Of 2002 Overview of the Historical Development of the Ministry of National Education; in http://en.wikipedia.org/wiki/education_in_Turkey; diakses tanggal 3 Maret 2015
[18] http://rizkialhairiah.blogspot.com diakses tanggal 6 Maret 2015
[19] Fajrun Najah (2006), Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta Copyright © 2006 TENDIK diakses tanggal 5 Maret 2015

Tidak ada komentar: