Senin, 03 Februari 2014

SKRIPSI KUALITATIF (UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MUHADATSAH SISWA DI MTs. INSAN CENDEKIA SANGATTA UTARA)


ABSTRAK

 Anwar Ali.  Upaya Guru Dalam Meningkatkan Muhadatsah Siswa di MTs. Insan Cendekia Sangatta Utara. Skripsi, Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Sangatta Kutai Timur. Penelitian ini dibawah bimbingan M. Abzar D, M.Ag, selaku pembimbing I dan M. Iwan Abdi, M.S.I selaku pembimbing II.

Penelitian dilaksanakan pada Madrasah Tsanawiyah (MTs) Insan Cendekia Sangatta Utara, yang dilaksanakan selama 20 hari dari tanggal 31 Agustus 2013 sampai 19 September 2013. Tujuannya untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan Muhadatsah siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) Insan Cendekia beserta faktor pendukung dan faktor penghambat dalam meningkatkan Muhadatsah tersebut.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif, yang menjadi sumber data dalam penelitian ini adalah guru, siswa dan tenaga kependidikan dan kepala Madrasah MTs. Insan Cendekia Sangatta Utara.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dan analisik deskriptif kualitatif yaitu dengan menggambarkan permasalahan disertai dengan analisa secara kritis.
Berdasarkan hasil penelitian, bahwa upaya guru dalam meningkatkan Muhadatsah siswa MTs. Insan Cendekia Sangatta Utara adalah dengan menerapkan beberapa metode yang variatif dalam proses pembelajaran bahasa Arab maupun Arabic Club, sehingga akan lebih mudah untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Faktor pendukung dalam meningkatkan Muhadatsah siswa MTs. Insan Cendekia Sangatta Utara yaitu adaya tenaga pendidik atau guru bahasa Arab yang sesuai dengan latar belakang pendidikan, menempuh pendidikan di pesantren dan sudah berpengalaman mengajarar bahasa Arab.
Adapun upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan Muhadatsah siswa yaitu dengan memberikan jam tambahan di luar jam pelajaran berupa pelajaran Arabic Club, meningkatkan motivasi siswa, melengkapi peralatan-peralatan dan memberikan tugas dirumah.
Adapun faktor penghambat yang dialami dikarenakan banyaknya pelajaran atau bidang studi, kurangnya motivasi dari siswa, latar belakang pendidikan siswa, dan lingkungan siswa.


untuk melihat lebih lengkap silahkan downlod dibawah ini.

Tidak ada komentar: